You are now being logged in using your Facebook credentials
Perbesar/Perkecil Text
 

Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas Panas

Ketika kita berbicara tentang emas, tentu ini akan menjadi pembicaraan bisnis yang mengasyikkan, karena logam mulia ini telah dipakai turun-temurun oleh orang-orang terdahulu, dan merupakan komoditi yang paling berharga di dunia, bahkan tak jarang keberadaan emas selalu diperebutkan. Kalau dulu emas dipakai untuk mata uang di beberapa negara besar, kini emas digunakan sebagai perhiasan dan sarana investasi. Hal ini dimulai sejak penggunaan uang kertas mulai dikenalkan ke dunia untuk menggantikan emas sebagai mata uang. Meskipun harga emas terkadang tidak stabil, ini hanya bersifat sementara saja, karena pada garis besarnya harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun. Inilah yang membuat para investor lebih memilih emas sebagai investasi daripada memilih tabungan deposito di bank.

 

Emas dijadikan sebagai sarana investasi karena para investor berharap mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dari emas. Berbeda dengan nilai mata uang yang sering mengalami inflasi. Menyimpan uang kertas di bank-bank konvensional merupakan investasi yang rentan terhadap inflasi nilai mata uang. Contohnya adalah nilai uang 13 juta rupiah tentu sangat besar untuk jaman sekarang, dan bisa digunakan untuk membeli 10 ekor kambing dewasa. Namun 10 tahun lagi, nilai uang 13 juta tidak akan sebesar seperti sekarang, dan bahkan mungkin hanya dapat digunakan untuk membeli 3 ekor , atau mungkin cuma 1 ekor kambing saja. Itulah uang kertas yang sering mengalami inflasi. Berbeda dengan emas yang tahan terhadap inflasi. Bahkan ratusan tahun yang lalu, di negara timur tengah, harga 1 ekor kambing sekitar 1 dinar emas. Sekarang 1 dinar emas setara dengan 1,2 juta rupiah. Ini artinya emas tidak mengalami inflasi. Meskipun harga emas cenderung fluktuatif karena beberapa sebab, pada dasarnya emas akan tetap mengalami kenaikan.

 

Harga emas di level dunia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas :

 

Perubahan Kurs Mata Uang

Kita semua tahu bahwa dollar AS menjadi standar mata uang internasional. Hal ini berpengaruh terhadap harga emas dunia jika sampai dollar AS melemah. Jika kurs dollar AS melemah, maka harga emas akan mengalami kenaikan, begitu juga sebaliknya jika kurs dollar AS menguat, maka harga emas akan mengalami penurunan. Ini karena ketika mata uang mengalami inflasi, masyarakat cenderung memilih emas yang dapat mempertahankan kekayaannya dan dapat melindungi harta mereka dari inflasi.

 

Kondisi Politik Dunia

Kondisi politik dunia yang tidak menentu juga dapat membuat harga emas mengalami perubahan. Misalnya ketegangan politik dunia antara Iran dengan AS, atau Timur Tengah dengan AS, dapat mengakibatkan ketidakpastian ekonomi dunia, sehingga membuat harga emas melambung tinggi.

 

Tingkat Suku Bunga

Faktor lain yang dapat merubah harga emas adalah tingkat suku bunga bank dunia. Ketika tingkat suku bunga mengalami kenaikan, maka masyarakat lebih memilih menyimpan uang dalam bentuk deposito, daripada menyimpan dalam bentuk emas, ini karena mereka menganggap emas sebagai non interest bearing atau barang yang tidak menghasilkan bunga. Namun ketika tingkat suku bunga menurun, masyarakat akan lebih memilih menyimpan uang dalam bentuk emas agar nilainya stabil dan tidak tergerus inflasi. Dalam situasi ini emas akan mengalami kenaikan.

 

Suplai Dan Permintaan

Ketika terjadi banyak permintaan terhadap logam mulia ini sedangkan suplai nya terbatas, maka emas akan mengalami kenaikan harga. Dan begitu juga sebaliknya ketika emas dimiliki oleh banyak orang dan juga jika beberapa bank sentral sampai membludak cadangan emas nya, maka bisa dipastikan harga emas akan mengalami penurunan.

 

Situasi Ekonomi Dunia Yang Tidak Menentu

Masyarakat dunia menganggap bahwa emas tahan terhadap inflasi, dan dapat dijadikan pelindung terhadap inflasi yang sedang terjadi. Ketika kondisi ekonomi dunia sedang tidak stabil, dapat menyebabkan inflasi besar-besaran terhadap nilai mata uang. Dengan alasan melindungi harta kekayaan dari inflasi, maka masyarakat akan berbondong-bondong memegang emas sebagai aset berharga.

 

 

Itulah beberapa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga emas. Meskipun terkadang emas mengalami penurunan nilai, tetapi ini tidak menyurutkan niat para investor untuk tetap berinvestasi dalam bentuk emas, karena mereka percaya emas akan segera naik lagi. Hal ini juga terjadi di Indonesia, banyak orang yang mulai beralih ke dalam bentuk investasi emas daripada bunga deposito, karena mungkin krisis moneter yang pernah terjadi tahun 1998 silam telah menjadi pelajaran yang berharga bagi mereka, mereka menganggap betapa tidak berharganya nilai mata uang ketika terjadi inflasi. Ini sangat berbeda dengan emas yang tetap bertahan meski ditekan oleh inflasi. Jenis investasi yang dilakukan oleh para investor di Indonesia bisa berbentuk emas batangan, maupun emas koin. Beberapa bank syariah juga sudah menyediakan paket investasi ini dalam tabungan yang mereka tawarkan ke nasabah.

Review Pengunjung

Belum ada review untuk listing ini.

Rating
Rating*
Komentar,berisi tentang kesimpulan akhir anda tentang suatu produk/jasa/listing.*
    Masukkan Kode Sekuritas.
 
 
 
 


Bagikan Dong :
        

Manfaat menulis review :
Dikenal oleh banyak orang, bertemu teman baru dan berbagi pengalaman dengan orang lain. Menulis review itu sangat mudah, cepat dan menyenangkan lho.
COM_IRECOMMEND Rekomendasikan Halaman Ini Ke Teman Dong
Tagged in: emas faktor harga mempengaruhi yang
Baca Juga :


Anggota yang memasukkan listing ini dalam daftar favorit mereka :